Belajar Bahasa Korea - Mengenal Abjad Korea (Han Geul)

Posted by admin | Tak Berkategori | Senin 16 Maret 2009 16:06

Han Geul adalah nama resmi huruf Korea yang diciptakan pada tahun 1443 oleh Raja Agung Se-Jong, raja ke-4 Choson. Sebelum Han Geul diciptakan, terdapat sistem abjad Korea, tetapi kurang sistematis yang bernama “Idu”. Mulai tahun 1948 pemerintah Repunlik Korea menetapkan pemakaian Han Geul pada dokumen2 resmi dan buku2 pelajaran. Han geul begitu sistematic dan unik, sehingga mudah dipelajari serta mewakili seluruh bunyi. Han Geul merupakan huruf yang tidak dapat berdiri sendiri dan harus selalu digabung antara konsonan dengan vokal dalam kata atau suku kata. Han Geul terdiri dari 14 konsonan, 10 vokal, ditanbah 5 gabungan konsonan, dan sebelas vokal rangkap.

KONSONAN

Konsonan bahasa Korea terdiri atas 14 huruf. Masing2 hurufnya memiliki bunyi yang sedikit berbeda., tergantung pada letak konsonan tersebut; di awal, di tengah, atau dibawah dalam suku kata. Nama konsonan tidak dipanggil seperti bunyi k/g, t/d tetapi mempunyai nama panggilan tersendiri. Konsonan tidak dapat berdiri sendiri, harus selalu diikuti vokal. Konsonan  tidak dapat diikuti konsonan. Apabila konsonan diikuti konsonan seperti dalam menulis huruf asing, maka harus diikuti huruf bantu “ㅡ” (eu).

Berikut adalah huruf konsonan:

Lambang Nama huruf Pengucapan
Awal Tengah Bawah
Kiyeuk K G K
Nieun N N N
Tigeut T D T
Rieul R/L R L
Mieum M M M
Pieup P B P
Siot S S T
Ieung - - NG
Chieut CH J T
Ch’ieut CH’ CH’ T
Khieuk KH KH k
Thieut TH TH T
Phieup PH PH P
Hieut H H t

VOKAL

Vokal bahasa Korea terdiri atas 10 huruf. Seperti halnya konsonan, vocal di dalam bahasa Korea juga tidak dapat berdiri sendiri. Vokal harus selalu diawali konsonan. Apabila tidak terdapat konsonan, maka memakai huruf bantu. Huruf bantu untuk vocal adalah konsonan[ "ㅇ" (ieung).

Berikut adalah huruf vocal :

LAMBANG NAMA HURUF PENGUCAPAN
A A
YA YA
EO EO
YEO YEO
O O
YO YO
U U
YU YU
EU EU
I I

KONSONAN GANDA Konsonan ganda terdiri atas 5 huruf. Merupakan gabungan dari konsonan. Berikut lima huruf konsonan ganda :

LAMBANG NAMA HURUF PENGUCAPAN
AWAL/TENGAH AKHIR
Sang kiyeuk K K
Sang tigeut T -
Sang pieup P -
Sang siot S T
Sang chieut C -

VOKAL RANGKAP Vokal rangkap terdiri dari 11 huruf. Vokal rangkap ini terdiri dari gabungan vocal sehingga menjadi berbunyi lain. Beikut adalah huruf vocal rangkap :

LAMBANG NAMA HURUF PENGUCAPAN
AE E
YAE YE
E E
YE YE
OE WE
WA WA
WAE WE
WO WO
WE WE
WI WI
EUI EUI

& Komentar »

  1. Comment oleh asyifa rahmaliany — 29 Juli 2009 @ 13:27

    duh keren banget klo orang bisa bahasa korea.pokoknya klo orang lagi belajar bahasa korea aku dukung.semoga berhasil!!!!!!!!!!!!!!!!!!!

  2. Comment oleh tasya — 7 November 2009 @ 13:04

    kalau ngesusun kata-kata nya gimana ya?????

RSS umpan untuk komentar-komentar dalam tulisan ini. TrackBack URI

Tinggalkan komentar

Entrepreneur Pro Wordpress Theme